Friday, 31 October 2014

Mendalami Niat Kita Menjadi Guru

Niat menjadi pondasi kesuksesan untuk menjalani suatu profesi, termasuk mengajar. Niat menjadi bagian terdalam dari pribadi seseorang menggerakkannya untuk melakukan atau berhenti dari suatu pekerjaan. Seorang guru dengan pakaian lengkap seragam resmi belum tentu menunjukkan niatnya yang kuat sebagai guru (walaupun penampilan juga menjadi salah satu indikator niat). Saya pernah membaca di internet bagaimana seorang peraih nobel yang mendedikasikan dirinya pada ilmu dan pengajarannya ternyata penampilannya sangat nyantai.

Apakah kita benar-benar menyadari niat yang mengeram di sudut terdalam hati kita sendiri? Pengalaman saya sendiri menunjukkan terkadang kita kurang menyadari (memikirkan) niat dari seluruh aktivitas tersebut. Hal inilah yang nampaknya menjadi salah satu jargon salah satu guru terbesar sepanjang sejarah, Socrates, untuk mengenali diri kita sendiri sebagai suatu pengetahuan paling puncak. Pengetahuan akan diri yang baik akan membawa kita pada perubahan besar untuk pribadi ataupun masyarakat.

Kita harus secara sengaja meluangkan waktu untuk mendeteksi niat-niat yang kita miliki sebelum benar-benar terjun dalam dunia pengajaran. Apa sebenarnya alasan yang melandasi pilihan kita untuk menjadi seorang guru? Bisa jadi terdapat alasan ideal, namun pastinya juga ada alasan-alasan pamrih individual. Kita coba untuk jujur pada diri sendiri. Apakah stok niat kita cukup kuat bagi kita untuk bertahan lama sebagai seorang guru? Jika meragukan maka sebaiknya kita mengevaluasi kembali apa keinginan kita.

Jika kita hidup di daerah pesisir maka tentu saja kita harus mempertanyakan kembali mengapa kita ingin menjadi guru di daerah yang kondisi pendidikannya kurang berkembang ini? Di tengah masyarakat yang berorientasi pada kerja di tengah lautan atau tambak-tambak sepanjang hari (bersama anak-anak mereka) sanggupkah kita menjadi sosok guru yang sabar sekaligus ulet dalam memberi semangat belajar anak-anak kita nantinya? Berat. Oleh karena itu niat di awal harus benar-benar kuat.

Namun motif dapat berubah dan dibentuk melalui suatu perenungan yang sadar. Tentu saja membutuhkan waktu, keseriusan dan masukan dari berbagai pihak. Kita coba untuk sharing dengan guru-guru yang telah mengenyam banyak pengalaman di dunia pengajaran. Apa saja hikmah-hikmah dari pengalaman mereka, kita dapat internalisasi untuk membentuk niat kita. Mempelajari berbagai efek positif guru bagi perkembangan masyarakat juga dapat menjadi bahan bakar untuk semanagat kita.

Apapun pilihan kita, kesadaran untuk bercermin dan menjenguk motif terdapam yang bercokol di relung hati kita adalah yang terbaik. Mudah-mudahan dengan itu kita dapat terlahir menjadi guru profesional harapan masyarakat.

(Habibi Bk / Sumenep, Oktober 2014)

No comments:

Post a Comment